Thursday, February 28, 2013

Gadis Pantai !

Dulu waktu membuat blog ini, saya membuat satu kategori yaitu Cerita Sahabat dengan tujuan untuk membagikan cerita-cerita seru dari teman-teman saya saat traveling, mengingat saya sendiri tidak sebegitu rutinnya melakukan traveling. Namun karena kemalasan saya, kategori ini menjadi terabaikan, hanya berhenti di postingan tiga orang di awal-awal, hehe.. Nah sekarang terbersit lagi pikiran untuk mengaktifkan lagi rubrik ini, dan kali ini saya akan menulis cerita dari kawan SMP saya, Cindy Tomasoa. Let's enjoy her stories! ;)

Siapa sih seorang Cindy Tomasoa ini ?

Cindy si Gadis Pantai

Aku seorang banker, pernah belajar Sosiologi di Universitas Airlangga. Sekarang juga tengah merintis usaha sebagai Trip Arranger, yaitu jasa pengatur perjalanan, khususnya budget trip.

Sejak kapan nih kamu mulai suka traveling di pulau-pulau dan pantai di Indonesia? Udah ke mana aja?

Mulai tahun 2010, dan baru intens tahun 2011. Travelingnya masih around Jatim coastline, Bali, Sulawesi Selatan, dan Ambon.

Dari tempat-tempat yang sudah pernah kamu datangi, ceritakan dong, tiga tempat yang mewakili keseruannya.

Mmm..tiga tempat yang mewakili pengalaman yang beda- beda kali ya.. Pertama, Bali. Kenapa Bali, karena sangat-sangat ramah untuk wisatawan. Aku pernah trip kesana sendiri. Gambling aja, dengan berbekal info dari internet (untuk sewa motor dan penginapan) yang untungnya bisa dipercaya. Selain itu Bali sangat fleksibel untuk masalah bujet. Yang kedua Pulau Liukang di Sulawesi Selatan. Pulau Liukang adalah pulau kecil berpenduduk. Kalo aku bisa bilang, everything’s perfect there. Pemandangannya, orang- orangnya menyenangkan, penginapannya sederhana dan sangat ramah, dan makanannya enaakk..! Serunya lagi, kita bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling kapan pun karena perairannya yang tenang. Yang ketiga adalah Taman Nasional Baluran di Situbondo. Yang ketiga ini aku pilih karena mewakili wisata alternatif di Jawa. TN Baluran terdiri dari Savana dan pantai utara Jawa Timur yang tenang. Kita bisa menemukan kijang, kerbau hutan, bahkan banteng (jika beruntung) yang hidup bebas di Savana. Sedangkan di pantai Bama, snorkeling dan kayaking bisa jadi alternatif kegiatan. Faslitas penginapan di TN Baluran juga sudah cukup baik, dan pengurusnya ramah. 

Cindy lagi di Pulau Liukang

Banyak pulau di Indonesia yang tempting banget buat dijelajahi, tapi kebanyakan terkendala transportasi yang mahal. Tapi kamu bisa tuh jalan-jalan ke Sulawesi dan Ambon, any tips

Sebenernya mahal atau enggak itu relatif ya, Din.. Cuma kebanyakan orang emang mikirnya lebih baik ke Singapura, Malaysia, atau Bangkok dengan bujet yang sama. Pengeluaran terbesar untuk ke tempat-tempat indah itu kan emang di transpor, baik tiket pesawat maupun transpor menuju lokasi (yang kebanyakan terpencil). Untuk tiket, ya emang harus rajin nyari harga bagus, dan emang disarankan untuk pergi berkelompok biar bisa sharing cost. 

Kegiatan apa aja yg kamu lakuin selama di tempat-tempat tersebut ? 

Apa yaa.. Mantai (kalo di pantai), snorkeling, diving, jalan- jalan, nyobain makanan khas. Ya.. standar lah..   
Kalau lagi traveling, biasanya kamu pergi bareng siapa? Ada tips buat milih temen jalan yang asyik ? 

Untuk temen jalan, pengalamanku random abiss, Din! Mulai sama keluarga, temen-temen, sendirian aja, sampai sama orang- orang yang baru ketemu. Aku emang nggak pernah milih- milih temen kalau traveling, so far yang aku temui adalah semuanya menyenangkan. Mungkin juga karena berlibur mengeluarkan aura positif yaaa..!!

Gimana dengan bujet? Boleh diceritain hal-hal apa yg kamu prioritasin untuk bujet wisata pantai dan pulau?  

Masalah bujet prinsipnya ada harga, ada rupa. Kalau aku nggak rewel masalah transpor dan penginapan. Jadi mau ngompreng, desak-desakan, tidur mindang (berjejer kayak ikan pindang)... hajaarr ajaa…!! Bujet biasanya aku prioritasin untuk aktivitas, missal diving dan snorkeling (kalo memungkinkan), jelajah kuliner atau nyobain kafe- kafe yang lucu. 

Ada kendala apa aja selama traveling? Ada pengalaman unik saat bergaul dengan penduduk setempat?  

Tripku berorientasi fun sih, Din. Jadi kalau pun ada kesulitan, nggak dirasa sebagai kendala. Malah jadi cerita seru kalo diinget-inget. Oya, tentang penduduk setempat, menurutku investasi bisa kenal dan punya kontak mereka, jadi kalau mau balik jauh lebih gampang.  

Jalan-jalan pulau dan pantai pasti beda dong dengan jalan-jalan di kota biasa. Barang-barang apa sih yang menurut kamu wajib dibawa ? 

Standar aja ya : Sunblock, kamera, kacamata, pakaian buat basah- basahan. Oya, kain bali juga sangat berguna buat alas duduk, pelindung panas, atau tempat ganti portable.  

Last! Dari sekian banyak tempat yang belum kamu datangi di Indonesia, boleh sebutin tiga tempat yg PALING ingin kamu datangi, dan kenapa ? 

Nggaakk bisaaa..!! Kurang lebihnya aku pengin berkeliling perairan di Indonesia Timur. Sekian.

Haha! Baiklah, Cindy.. thanks a lot buat jawaban-jawabannya yang menyenangkan! Semoga bisa membantu kawan-kawan traveler lain yang pengin wisata perairan di Indonesia. Sukses yaah buat kerjaan dan usahanya! Ditunggu cerita-cerita perjalananmu yang menyenangkan lainnya! ;) 

Baluran


*btw, you can reach this cute girl at twitter account: @cindytomasoa.. greet her and be ready with her funny side! ;)

all pics courtesy by Cindy Tomasoa
dinoy 

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete