Saturday, March 2, 2013

Karyawan Tapi (sering-sering) Traveling. Bisa Gitu?

Tema perbincangan kita kali ini tentang ‘karyawan yang hobi traveling’. Oke nggak tuh? Haha! Jadi gini, seringkali kalau karyawan kantoran tuh agak-agak ribet kalau mau traveling. Dengan kesibukan minimal delapan jam berkutat dengan pekerjaan setiap harinya, belum lagi kalau ada lembur, pastinya penat dong? Dan bepergian ke tempat-tempat yang sama sekali tidak menyentuh pekerjaan rutinitas, pastilah jadi salah satu pelipur lelahnya. Tapi seringnya, nggak semudah itu buat karyawan menyisihkan hari kerjanya untuk traveling. Dengan jatah cuti yang rata-rata cuma 12 hari dalam setahun (belum kalau dipotong cuti bersama), pekerjaan menumpuk, atau atasan yang agak-agak susah saat dimintai ijin cuti. Nah terus kapan dong bisa liburannya?

Cerita Sahabat saya kali ini menampilkan Harry Mudjiarto, seorang karyawan kantoran penuh waktu yang doyan juga jalan-jalan a.k.a traveling. Kesukaannya ini tergambar lewat blognya yang banyak menuangkan pengalaman-pengalamannya waktu traveling ke banyak tempat, baik di dalam maupun luar negeri. Yuk kita tanya-tanya ke cowok *uhuk* single  satu ini… (note: black for my question and respond, orange for Harry’s answer. :D )

Hola, Harry! Jadi sekarang coba kenalan dulu.. siapa sih kamu ini? Kasi deskripsi diri kamu sendiri, yaa…


 Enjoying Hoan Kiem Lake, Hanoi

Hi, gue …Emm..yah Harry lha, pekerja kantoran as mas-mas admin yang saat ini bekerja di salah satu perusahaan properti di Serpong. Hm deskripsi diri yah? Gue tuh amateur blogger who loves traveling, music, book and a little bit of photography. Gue juga loveeee banget sama culinary dari yang tradisional sampai fusion *lihat perut unyu*. Lainnya adalah gue LOTR’s geek and cappuccino lover
 
Rutinitas kamu sehari-hari ngapain aja, sih? 

Bangun … snooze alarm, bangun … snooze alarm, bangun … snooze alarm (sampai biasanya minimal 6 kali), mandi, sarapan, ke kantor ngerjain tetek bengek masalah budget and cost control dari perusahaan properti yang bikin stress (point A). Makan siang, balik ruwet – balik stress lagi pada point A, pulang, makan, mandi, on line, tidur.

Sebagai karyawan, aku juga ngerasain sendiri nih, penat dengan pekerjaan sehari-hari. Akhirnya jadi cari-cari celah buat ngelakuin hobi lain, salah satunya traveling. Kalau kamu sendiri sejak kapan mulai suka traveling?

Sebenarnya sejak kecil sudah suka banget kalo diajak traveling sama ortu, yang paling inget jaman tahun 80an sama keluarga keliling Jawa Timur, DI Yogyakarta, Jawa Tengah dan Bali. Tapi baru bisa traveling mandiri sejak kerja di tahun 2000 (kampret nih, pertanyaan jebakan!) dan berlanjut terus sampe sekarang.

*Engg…. Tahun 2000 aku baru unyu masuk SMU, nih! Itung selisih umur, banyak juga! :)))*

Nah kalau di kantor kamu, kebijakan cutinya gimana? Kalau aku lihat di blogmu, kayaknya kamu lumayan sering tuh traveling, baik di dalam dan luar negeri. Emang segitu ‘gampang’ nya ya buat ngajuin cuti di kantor? Ceritain, dong!

Dulu sih yah di kantor yang lama, sebut saja mawar..eh ABI! Karyawan yang begitu lulus probation (masa percobaan, antara 3-6 bulan dari mulai masuk kerja) langsung dapet hak cuti dan setiap tahunnya akan bertambah 1 hari sampai maksimal 22 hari setahunnya. Dan saat sudah kerja 5 tahun berturut-turut as permanent employee, kami juga dapet cuti besar selama 22 hari setahun. WOW nya lagi, ABI ini tidak menganut cuti bersama, jadi kami bebas mau ambil cuti kapan dan jelasnya ngajuin cuti (dalam kasus gue) gampang banget, asal ada back up-nya. Tapi…tapi… karena sesuatu hal gue mutusin pindah kerja di awal Desember tahun 2012 yang lalu. Dan di tempat yang baru sebut saja bunga … em ASR, cutinya cuma 12 hari setahun dan masih dipotong cuti bersama MASA! *sesunggukan di bahu Direktur*

*pukpuk karyawan baru tapi tuwir.. EH! Lanjut…

Pernah diprotes atasan nggak karena keseringan ngajuin cuti? Atau pekerjaan yang kurang terurus gara-gara cuti buat traveling?

Nggak pernah! Karena boss gue sadar itu hak gue dan kerjaan gue selalu beres *benerin kerah* *sombong elegan* Tapi entah nih di tempat baru gimana, tapi kayaknya gampang sik.. Kemarin aja meski belum dapet jatah cuti, pas tau gue bakalan buang tiket akhir tahun, malah dipaksa cuti gue, haha! Meski akhirnya gue tetep ngutamain kerjaan baru *uhuk*.

Nah sekarang tentang cerita-ceritamu pas lagi traveling, ya. Biasanya kalau traveling, sukanya pergi sendirian, bareng teman, atau ikutan paket tur? Kenapa tuh?

Paling suka pergi ama teman tapi nggak terlalu banyak orangnya (idealnya berempat doang). Solo traveling, belum pernah sih, tapi kepengin nyoba meski masih ragu. Ikut tur, asyik juga kok! (Heran lihat traveler yang nyinyir ama orang yang ikut tur, toh duit and kesenengan kami sendiri toh!) Biasa kalau ikut tur ada beberapa alasan so far:
  1. Dapet reward dari kantor hahaha asli gratis-tis!! *aku mupeng!*
  2. Di tempat tujuan wisata tidak ada angkutan umum, kudu sewa motor/mobil. Gue nggak bisa setir motor bisanya mobil, kalau sendirian or group kecil bakalan mahal urunannya (patungan) dan gue capek jadi sopir terus. *curhat, euy!*
  3. Emang lagi pengin santai, nggak ribet nyetir, nggak ribet cari parkir, hotel, dsb.. dsb..
  4. Gue kurang sreg jalan independent di tempat tujuan tersebut.
  5. Lagi banyak duit. *sombong elegan*

Persiapan-persiapan kamu menjelang traveling. Biasanya barang-barang ‘unik’ apa yang suka kamu bawa pas traveling (selain yang standar kayak baju, uang dan peralatan mandi)? Biasanya persiapannya berapa lama menjelang traveling, mengingat kesibukan kerja kamu sehari-hari?

Kalau perginya lama, yah seminggu sebelumnya sudah bikin list barang apa aja yg akan dibawa. Tapi kalo short trip biasa 2 atau 3 hari sebelumnya, tapi pernah juga saking sibuknya baru bisa packing malam sebelum berangkat. (Lengkapnya soal persiapan traveling ala Harry, klik http://harrymudjiarto.blogspot.com/2012/02/preparing-trip-ala-me-d.html)

Kalau barang yang kata Dina DuaRansel unik yang selalu gue bawa adalah toilet seat cover, hahaha! Dan dodolnya nggak pernah gue pakai sampai saat ini (udah tahunan bawanya). *lah??* Kalau barang lainnya sih lumayan standar lah, selain baju, uang dan peralatan mandi. Yah kayak sarung pantai (bisa buat sarung, kalau celana basah sampai ke underware, yang ini true story lho, and dibilang sexy ama cewek Taiwan! Alas bantal atau kasur, selimut, dipakai buat nutupin dengkul kalo pas ke tempat yang nggak boleh pakai celana pendek, sampai bisa juga buat gaya-gayaan. Oh sejak tahun lalu selalu bawa roll cable hahaha, biar nggak rebutan ngecharge BB, camera, iPod, dsb.

*Ketahuan ya, makin umur makin ribet bawaannya^^ *lanjut sebelum si narasumber ngambek…

Paling suka traveling ke tempat seperti apa? Wisata kota, pantai, gunung, atau tempat lainnya? Kenapa tuh?

Kota dan gunung.

Kota di pasarnya (kayak Ngasem di Yogyakarta, Chinatown di Singapore, Ben Tanh di Saigon), mencoba kuliner mereka, snack, dsb… dsb... Gue juga suka beli suvenir buat koleksi pribadi (patung). Trus suka juga lihat bangunan-bangunan unik mereka dan tentu semua biasanya ada di kota.

Gunung karena gue suka tracking asal jangan yang kelas berat (umur cuy ama perut nih!), gue suka udara sejuk-dingin, gue suka suasananya yang tenang dan nggak mbosenin karena masing-masing punya tekstur tersendiri, nggak kayak pantai yang tekstur dan modelnya hampir sama semua (kyaaaa *dirajam lauters*). =__="

Aku ambil salah satu cerita di blog ya, yang Belitung. Bisa diceritain kenapa kamu milih traveling ke sana waktu itu? Terus ada cerita-cerita seru apa aja nih selama di sana?


Harry in Belitung
 
Nah kalo Belitung gue suka karena pantainya berbatu-batu granit dari yang kecil sampai yang seukuran rumah (jujur belum nonton or baca buku laskar pelangi :( ), jadi pas lihat gambarnya sudah tertarik dan pas sampe sana, wihhh cakep bener dah kayak yg dipoto-poto! Di sana juga kami dibawa ke coffee shop jadul namanya kedai kopi A-Ke, dahsyat bener dah es kopi susu ama es teh susunya, TOP! Tiga hari di Tanjung Padan dan tiga kali (setiap hari) disempetin buat ke A-Ke. 

Oh pengalaman seru (buat gue pribadi) adalah akhirnya memberanikan diri nyoba snorkeling hihihi, dan pas nyemplung pertama sudah panik karena lifevest-nya jadi nyekek di kepala, trus pas udah bener lifevest-nya yah gue kebawa arus hampir masuk ke kolong perahu (asli panik banget even wajah jaim tetep)! Akhirnya gue snorkeling cuma di seputaran tangga kayu kapal hiks, tapi udah seneng banget kok J. Mau lagi? KAGAK! *lah?? ^_^7

Masih tentang blog, aku termasuk pemerhati blogmu, nih.. ^^ Kalau diperhatikan, kamu tuh termasuk rajin update blog. Sekarang baru pulang traveling, mungkin paling lama minggu depan udah ada ceritanya di blog. Sejak kapan kamu mulai nge-blog? Dan kok bisa sih serajin itu updatenya? Biasanya kan kalau udah capek kerja ya maunya istirahat aja, ogah ngurusi hal-hal yang lumayan butuh kejelian kayak gitu (ps: blognya Harry ini banyak ditulis dalam bahasa Inggris dan pengaturan fotonya niat banget! ^^)

Ah kakak *blushing* biasa aja... Gue nge-blog sejak tahun 2008 akibat diracun sama temen gue yang suka banget nge-blog (his daily life story) tapi trus on and off gitu moodnya, dan baru aktif rutin sejak tahun 2011. Kalau bikin artikel mah jarang hari kerja kok (hari kerja sih kadang tapi pas jam break atau deket-deket pulang). Tapi lebih seringnya begadang pas jumat atau sabtu bisa sampe subuh, karena begitu nulis and feel-nya dapet langsung deh nggak pingin berhenti. *thumbs up* Jadi bukannya diniatin tapi memang sekali nulis nggak bisa berhenti. Tapi memang harus diakui paling males ngedit fotonya. :(

Eh ngemeng-ngemeng soal tulisan Inggris, gue sih mikirnya banyak juga orang asing yang ngunjungin blog gue *uhuk* (lihat di live traffic feet) *manteb, gan!* Jadi akhirnya gue tulis juga artikel pakai bahasa Inggris dan hanya untuk yang lokasi wisata di Indonesia, karena gue ingin tuh orang asing bisa baca sharing-an gue soal indahnya Indonesia. Loe ngga bakalan nemuin tulisan gue dalam bahasa Inggris soal perjalanan gue ke luar negeri, itu sudah jadi komitmen gue, cuman mau promoin Indonesia. *makin salut sama misinya! ^^9 Oh yah Inggris gue mepet kok, untuk tenses dan grammar gue masih dibantu sama temen gue. Thanks ya Resviana!


Relax at Toraja!

Balik ke masalah pekerjaan lagi … :))) Jadi apa kamu udah merasa pas dengan profesimu saat ini sebagai mas-mas admin di bidang budget and cost control? Atau… ada niatan untuk suatu hari beralih profesi? Traveling thingy maybe?

Belum pas kayaknya! Gimana yah… Sejujurnya, passion gue adalah traveling… jadi tentunya pengin jadi kayak Dina and Ryan DuaRansel, tapi tetap ingin punya tempat yang bisa gue sebut ‘rumah’ juga. Entahlah, kalau bisa jadi penulis atau reporter tentang traveling dengan gaji gede deh, muahahaha itu yang gue mau! *disepak* Mungkin gue jadi Harry Brown yah (Samantha Brown versi cowok). *yuk mari didoakan!

Pertanyaan terakhir tapi penting! Jadi sebenarnya… Apa sih arti traveling buat kamu? Is it passion, hobby, or elses?

Passion! Karena pada saat gue traveling gue merasa hidup dan menjadi diri gue sendiri. *uh yeah!

It’s a wrapped! Makasih banyak ya (om) Harry, buat jawaban-jawabannya… Hm, terbukti kan, kalau jadi karyawan nggak menghalangi kita buat pergi ke tempat-tempat menarik di luar sana. Asalkan kita bisa mengimbangi kewajiban dan hak kita selama di kantor, bisa banget kok memanfaatkan cuti untuk traveling.

Semoga sharing dari Harry bisa menginspirasi para pekerja untuk traveling, biar otak nggak melulu penat sama pekerjaan, atau badan capek karena rutinitas sehari-hari. Keep traveling, Harry, and keep sharing through your awesome story!

Cerita-cerita seru Harry mengenai perjalanannya bisa disimak di www.harrymudjiarto.blogspot.com dan cuap-cuap sehari-seharinya boleh banget diikuti di akun twitter: @harry_mdj.

[All pics are belong to Harry Mudjiarto.]

dinoy

1 comment:

  1. kyaaa, makasih kakak (calon) penulis buku yg heitz abies

    ReplyDelete