Wednesday, June 6, 2012

Mau Naik Taksi di Balikpapan ?? Cukup Tiga Ribu Rupiah Saja !!



Jika membicarakan tentang jenis-jenis transportasi umum di Indonesia, setiap kota pasti memiliki ciri khas tersendiri. Bahkan untuk jenis angkutan yang sama, penyebutannya bisa berbeda-beda. Misalnya, untuk jenis mobil carry berpenumpang 7-10 orang yang lazim disebut angkot, penyebutannya akan berbeda di tiap wilayah. Meski di Jakarta juga umumnya menyebut dengan angkot, tapi sebenarnya nama yang tertera di mobilnya adalah ‘mikrolet’, di Surabaya disebut ‘bemo’, dan di Balikpapan disebut ‘taksi’. Iya, nggak salah, warga Balikpapan menyebut angkot dengan kata 'taksi'. Taksi yang normalnya adalah mobil sedan berbayar dilengkapi dengan AC, di Balikpapan memiliki dua makna, yaitu Taksi bernomor banyak alias angkot dan Taksi dalam pengertian sebenarnya. Jadi jika ingin pergi ke Terminal Damai misalnya, penduduk setempat akan memberitahu kalau kita harus naik taksi nomer 6 yang warna biru tua.
Taksi berpenumpang tujuh orang ini memiliki beberapa warna sebagai pembeda nomer rute nya, yaitu: putih-oranye, putih-abu abu, putih-hijau muda, putih-biru muda, putih-kuning, putih-biru tua, putih-hijau, putih-kuning muda, dan putih-ungu. Untuk urusan harga, jika angkot di Jakarta rata-rata dibandrol tarif Rp 2.000, taksi di Balikpapan mematok tarif Rp 3.000 sekali jalan, harga yang sama dengan bemo di Surabaya. Cara memberhentikan untuk turun dari angkot pun berbeda-beda di setiap kota. Di Jakarta kita teriak ‘Kiri!’, di Surabaya dengan memencet bel yang ada di dalam bemo, di Balikpapan caranya adalah dengan bilang ‘Stop!’.
Hal yang unik lagi, jika kita beruntung, kita bisa menemukan taksi yang didalamnya memasang tv lcd lengkap dengan video klip musik sebagai hiburan. Seperti ketika saya traveling di Balikpapan, ketika hendak ke Terminal Damai saya naik taksi nomor 5 yang di dalamnya dipasang tv lcd sampai 3 buah! Memang sih nggak semuanya nyala, cuma 2 tv, tapi tetep aja hiburan banget. Selama perjalanan yang kurang dari setengah jam itu, kami disuguhi beberapa video klip dari penyanyi luar negeri, misalnya Avril Lavigne, Beyonce, dan penyanyi pria kulit hitam yang tidak saya kenali. Wah, ternyata supir taksi (alias angkot) di Balikpapan gaul juga rupanya !




Satu nilai plus tentang taksi di Balikpapan adalah kebersihannya. Kemarin saya membaca artikel berita kalau Balikpapan ditetapkan sebagai salah satu dari empat kota terbersih di Indonesia di tahun 2012 selain Jogjakarta, Malang, dan Manado. Maka tak heran jika saya menjumpai kondisi jalanan yang bersih, begitu juga di dalam angkutan umumnya. Hal yang tidak saya jumpai di angkot-angkot di Jakarta (kalaupun ada mungkin satu dari seribu), adalah dipasangnya kotak sampah di dekat pintu taksi. Inilah yang menjaga kesadaran warga Balikpapan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Tidak ada lagi alasan untuk melemparkan sampah seenaknya melalui jendela. Dan memang terbukti juga sih, saya tidak menjumpai sampah berserakan di dalam taksi.



Nah, itulah cerita saya tentang hal unik seputar angkutan umum di Balikpapan. Menurut saya, jalan-jalan keliling kota di Balikpapan dengan menggunakan taksi alias angkot adalah hal yang menyenangkan. Silakan mencoba! ^^
dinoy


Rangkuman rute taksi yang saya naiki selama empat hari di Balikpapan:
  • Taksi no 07 (Putih - HIjau): Dari depan Bandara Sepinggan ke Terminal Damai. Untuk menemukan angkutan ini cukup berjalan kurang dari sepuluh menit dari bandara ke jalan raya.
  • Taksi no 06 (Putih - Biru tua): Dari Terminal Damai ke daerah Kampung Baru.
  • Taksi no 05 (Putih - Kuning): Dari Kampung Baru ke Plaza Balikpapan.
  • Taksi no 07 (Putih - Hijau): Dari Terminal Damai ke Mall E-Walk
  • Taksi no 03 (Putih-Biru Muda): Dari Karang Jati ke Ruko Bandar
  • Taksi no 06 (Putih - Biru tua): Dari Kampung Baru ke Pasar Klandasan dan ke Pantai Melawai







8 comments:

  1. Din, waktu kita naek angkot yang ada LCD nya itu angkot no 5, bukan no 6 :D

    ReplyDelete
  2. Huehehee,, inget aja nih Vera.. Makasiih, udah di edit nih ^^

    ReplyDelete
  3. Iya juga setelah aku liat foto nya lagi, kan keliatan warna kuning di bag luar, meski sedikit. lol, dasar pikun nih aku! :))

    ReplyDelete
  4. Trus tarif angkotnya juga beda, deket 2500, jauh 3000.. jauh banget 4000 :D
    bahkan untuk rute2 yang sebenernya ga dilewatin si angkot, harus nawar lebih tinggi lagi..

    ReplyDelete
  5. iyap...klao jam sepi mana mau angkot lewat jalur yang harusnya normal... malahan hitungannya bayar 200%, tapi seiyanya, angkot di Balikpapan lebih terkendali dr Samarinda... walau kata ugal2an sama2 bikin spot jantung.. hehe

    salam~

    ReplyDelete
  6. Chokka: Ah, aku baru tahu soal info ini.. Thanks ya udah mau mampir.. :)

    ReplyDelete
  7. wkkk, kirain taksi apa, kok murah banget gt, ternyata taksinya angkot :D

    ReplyDelete
  8. Di kupang juga Angkot disebutnya bemo gan, bulan kemarin waktu saya kesana nanya arah ke tempat hotel tempat saya nginep disuruh naek bemo warna kuning, saya hampir setengah jam nunggu bemo gak muncul2, akhirnya nanya lagi orang lain, eh gak taunya bemo itu sama dengan angkot.hehehe

    ReplyDelete