Thursday, November 1, 2012

Beli Tiket Kereta Api Semakin Mudah dan Efisien


ilustrasi kereta api, source: pedomannews.com

Naik kereta api, tut.. tut.. tut..
Sii~apa hendak turut..
Ke Bandung.. Surabaya..
Bolehlah naik dengan percumaa~
Ayo kawanku lekas naiii~k..
K'retaku tak berhenti lama~
(lagu anak-anak yang belum diketahui penggubahnya)

Ada beberapa persoalan yang saya temukan di dalam lagu anak-anak tersebut. Pertama, dari dulu sampai sekarang masih penasaran kenapa disebut kereta api, padahal nggak kelihatan apinya. Kedua, naik dengan 'percuma' ? Maksudnya apaa? Ngapain naik kereta kalau jadinya sia-sia? Atau maksudnya percuma tuh gratis, diambil dari bahasa melayu? Wah kalau iya, hati-hati ditangkap sama petugas kereta tuh. Terakhir, naik kereta kok diburu-buru, memangnya bisa naik sembarangan? Memangnya ini metromini? Wew... *emot emosi*

Okay, lupakan kegalauan saya tentang lagu anak-anak tersebut, karena bukan itu pokok permasalahan yang ingin saya bahas di artikel saya kali ini. BUKAN!! *emot muka datar* Yang ingin saya bagi adalah bahwa mulai beberapa bulan belakangan membeli tiket kereta api menjadi semakin mudah dan praktis untuk dilakukan. Well, mundur ke beberapa tahun lampau. Semenjak saya merantau di Jakarta dari tahun 2008, kereta adalah moda transportasi yang sering saya gunakan untuk bertolak pulang ke haribaan rumah saya di Jawa Timur. Kereta Api Gumarang kelas bisnis tujuan Surabaya, lebih tepatnya. Dan biasanya saya harus datang ke stasiun untuk melakukan proses pembelian secara manual dan tak jarang, saya harus mengalami antre yang panjang, apalagi jika membeli untuk periode lebaran.


ilustrasi antrean pembelian tiket KA, source: bisnis.web.id
Demi mendapatkan selembar tiket yang berharga itu, saya harus datang pagi-pagi betul dan saya ingat di tahun 2009, saya gagal mendapatkan tiket KA untuk mudik lebaran meski sudah dua kali datang pagi. Antreannya luar biasa membeludak, kawan!

Namun PT. Kereta Api Indonesia terus berbenah dalam melayani konsumennya. Pembelian tiket Kereta Api kini bisa dilakukan tanpa harus datang ke stasiun. Sekarang kita bisa lho beli tiket di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. PT. KAI telah bekerja sama dengan dua toko ini untuk melayani pembelian tiket KA. Saya telah membuktikannya sendiri saat beberapa bulan lalu membeli tiket di Indomaret dekat kos. Caranya? Tinggal sebutkan di kasir tiket KA yang kita cari maka mereka akan mengecek ketersediaan dan juga harganya. Saran saya, lebih baik browsing dulu nama KA, lengkap dengan stasiun keberangkatan dan kedatangan, karena kadang-kadang kasirnya suka lelet! Nah, setelah tiket yang kita cari ada, maka mereka akan menanyakan data kita beserta dengan kartu identitas. Lalu kasir akan mencetak bukti pembayaran dan juga semacam voucher untuk ditukarkan dengan tiket di stasiun. Iya, tetap harus datang ke stasiun sih untuk menukarkan tiketnya, dan jangan lupa membawa kartu identitas saat menukar tiket tersebut. Batas penukaran tiket bisa dilakukan hingga satu jam sebelum keberangkatan. Oh ya, biaya administrasi yang dikenakan untuk pembelian di Indomaret adalah Rp 7.500 saja dan waktu itu saya mendapat bonus mie instan dalam gelas. Hihi, lumayan lah.

ilustrasi indomaret, by kompasiana.com

Selain lewat dua toko tersebut, ternyata pemesanan tiket kereta api juga sudah bisa melalui internet lho, sudah sama seperti pesan tiket pesawat terbang, deh. Dan saya sudah mencobanya. Pakai web apa? Sebenarnya pakai web resmi PT. KAI juga bisa, di www.kereta-api.co.id, tapi yang saya sudah lakukan adalah membeli di www.tiket.com. Situs ini semacam one stop shopping untuk bermacam-macam tiket. Tiket pesawat terbang, hotel, kereta api, konser, bahkan film bisa didapat di sini. Beberapa hari lalu saya kembali membeli tiket pulang ke Surabaya untuk periode natal. Standar mengisi data-data seperti pemesanan online tiket pesawat terbang sih, bahkan kita bisa memilih nomor kursi tanpa dikenakan biaya! Keren. 


Setelah selesai melakukan proses pembayaran (bisa dipilih lewat kartu debit atau kartu kredit), kita akan memperoleh voucher dan kode booking seperti di atas. Benar-benar seperti membeli tiket pesawat, kan? Namun tetap, kita perlu menukarnya ke stasiun dengan tiket kereta yang sah seperti ini:


Biaya administrasinya sebenarnya sama, Rp 7.500, namun karena saya membayar dengan kartu kredit, maka total biaya administrasinya adalah tujuh belas ribuan rupiah. Nah, tadi saya coba membandingkan dengan memesan tiket di web resmi PT. KAI. Sebenarnya sama praktisnya, metode pembayaran pun sama dengan tiket.com. Cuma yang saya heran, kenapa biaya administrasinya jadi lebih mahal, ya? Misalnya, saya coba cek pemesanan tiket Argo Parahyangan tujuan Jakarta-Bandung. Harga tiket Rp 80.000, namun total pembayaran dengan metode kartu kredit berbeda. Di kereta-api.co.id bisa mencapai Rp 102.500, sedangkan di tiket.com Rp 92.500. Walah, lumayan banget tuh selisih Rp 10.000! Dan lagi tidak ada pilihan nomor kursi *sigh*

Itu tadi cerita pengalaman saya berkaitan dengan kemudahan pemesanan tiket kereta api. Berguna banget buat kita yang kurang punya waktu untuk ke stasiun langsung, dan takut kehabisan tiket. Tapi kalau waktunya senggang sekalian jalan-jalan, saya sih menyarankan beli langsung di stasiun ya, kecuali untuk peak season seperti lebaran yang antreannya bisa gila-gilaan. Kenapa? Selain tanpa dikenai biaya administrasi, toh kalau kita membeli tiket lewat minimarket atau internet, tetap saja vouchernya harus ditukarkan dengan cara datang ke stasiun, kan? As simple as that. :)

Naik kereta api yuk, nggak bakal 'percuma' deh! ^^


note: berbeda dengan pemesanan tiket pesawat terbang yang bisa dilakukan hingga setahun sebelumnya, maka batas pemesanan tiket kereta api adalah 90 hari alias tiga bulan sebelum keberangkatan. :)
dinoy



15 comments:

  1. mau tanya nih, saya juga sudah beli tiket melalui indomaret,keberangkatan saya dri st. Pasar senen. untuk penukaran apa harus di st. Pasar senen juga atau bisa di stasiun mana saja? Terimaksih :)

    ReplyDelete
  2. Halo! Blh di stasiun mana aja kok.. tp kalo penukaran pas hari H ya pasti di stasiun keberngkatan, hehe. Aku pernah nuker di st! Kota, kurang sejam dr keberangkatan, gara2 Jkt banjit. Untuuung boleh... :)

    ReplyDelete
  3. I read this piece of writing completely regarding the comparison of
    latest and earlier technologies, it's amazing article.

    Here is my site: openwiki.atspace.eu

    ReplyDelete
  4. Usually I do not read article on blogs, however I would
    like to say that this write-up very compelled me to take a look at and do so!
    Your writing style has been amazed me. Thanks, very
    nice post.

    my website - wiki.gw.free.fr

    ReplyDelete
  5. I do accept as true with all the concepts you have introduced to your post.
    They're really convincing and will definitely work. Still, the posts are too brief for beginners. Could you please lengthen them a little from next time? Thanks for the post.

    Here is my web page - cigarettes

    ReplyDelete
  6. That is a very good tip especially to those fresh to the blogosphere.
    Brief but very accurate info… Many thanks for sharing this one.
    A must read post!

    My web blog - nicotine juice

    ReplyDelete
  7. This is a topic that is near to my heart... Cheers!
    Exactly where are your contact details though?

    My weblog http://wiki.flash-template-design.com/index.php5?title=User:ShawnaLav

    ReplyDelete
  8. What a information of un-ambiguity and preserveness of valuable knowledge about
    unexpected emotions.

    Also visit my site: e juice

    ReplyDelete
  9. Your style is really unique in comparison to other people I have read stuff from.

    Thank you for posting when you've got the opportunity, Guess I'll
    just bookmark this page.

    my website ... El Cigaret

    ReplyDelete
  10. Thank you for the auspicious writeup. It in truth was once a amusement account it.
    Look complicated to more delivered agreeable from you! However, how could we
    keep up a correspondence?

    Here is my web page - E-Cigarette reviews

    ReplyDelete
  11. If some one wishes expert view concerning blogging and site-building
    afterward i propose him/her to go to see this web site, Keep up the fastidious
    job.

    My weblog utilitywiki.com

    ReplyDelete
  12. Really when someone doesn't understand after that its up to other users that they will help, so here it takes place.

    Visit my homepage scenariki.free.fr

    ReplyDelete
  13. What's up everyone, it's my first visit at this site, and post
    is truly fruitful in support of me, keep up posting these posts.


    Feel free to visit my webpage ... ecig

    ReplyDelete
  14. Very nice write-up. I absolutely love this
    website. Continue the good work!

    my web site: e-væske

    ReplyDelete
  15. iyalah semakin mudah apalagi sekarang banyak e-commerce yang menyediakan jasa tersebut!


    Diskon merdeka, bayar pakai shopeepay diskon 21%

    https://shopee.co.id/pc_event/?smtt=201.3474&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2Fevents3%2Fcode%2F519532334%2F%3Fsmtt%3D201.3474

    ReplyDelete