Saturday, October 1, 2011

Why Traveling?? Why... Not??!






Definisi 'trave
ling' adalah the act of going from one place to another (www.artikata.com). Secara luas, kegiatan traveling dimaknai sebagai kegiatan bepergian ke tempat yang jauh dalam kurun waktu tertentu (berhari-hari, bahkan ada yg sampai berbulan-bulan). Kenapa sih kita harus melakukan traveling ? Apa untung nya traveling selain jalan-jalan menghabiskan waktu, tenaga, dan tentunya, uang ? Saya pribadi memahami kegiatan traveling selain sebagai refreshing, juga pembelajaran untuk mengenal dunia lebih luas. Dulu traveling masih merupakan kegiatan yang mahal dan tak terjangkau bagi saya. Saya harus memanfaatkan acara dari sekolah atau gereja dahulu untuk bisa jalan-jalan keluar kota Saya di Surabaya. Keluarga saya termasuk keluarga yang jarang banget jalan-jalan sampai ke luar kota. Tapi ketika saya sudah mulai punya penghasilan sendiri, lebih-lebih saat saya berada di kota perantauan (saya bekerja dan tinggal di Jakarta sejak Juli 2008), saya mulai berani jalan-jalan ke luar kota. Traveling pertama saya sejak di Jakarta, yaitu saat saya iseng pengen jalan-jalan ke Bandung pada bulan Februari 2009. Iya, saya pengen jalan-jalan yang deket aja dulu, apalagi disana ada pacar nya kakak saya (sekarang sudah jadi kakak ipar) yg kuliah dan kos disana, jadi ada tebengan tempat tinggal. Saya menghabiskan waktu untuk jalan-jalan di Tangkuban Perahu, menikmati keindahan alam dan udara segar. Traveling selanjutnya berlangsung tahun depannya, saat saya mengajak papa saya untuk berlibur di Bali pada September 2010, dengan membeli jasa tur. Berlanjut November 2010, sensasi jalan-jalan pertama ke Luar Negeri, memiliki paspor untuk pertama kalinya, saya dan teman-teman backpacker baru dan satu orang teman kuliah berjalan-jalan mengelilingi negeri tetangga: Singapura. It was an amazing journey sekalipun hanya tiga hari saja. Agustus lalu juga saya jalan-jalan di Kuala Lumpur, kedua kalinya saya punya cap di paspor saya. Bulan ini, saya hendak mencicipi Bangkok, kotanya para backpacker, wish me luck ya.. :D
So, kenapa saya mulai menyukai kegiatan traveling ini? Pertama, ya tentu saja refreshing untuk saya yang terbiasa kerja kantoran dari Senin-Sabtu. Kedua, seperti yang sudah saya sempat sebutkan diatas, traveling bisa membuat kita belajar lebih banyak tentang apa yang selama ini tidak kita temukan di tempat kita berada sehari-hari. Misalnya saat di Singapura saya belajar tentang budaya bersih dan tertib, sarana transportasi yang sangat baik, di Kuala Lumpur saya menemukan betapa kecintaan akan Negara menjadi suatu hal yang terlihat jelas. Ketiga, traveling juga masalah belajar keluar dari zona nyaman. Misalnya saat di Singapura saya mulai belajar menyesuaikan dengan teman-teman jalan yang baru (yang untungnya tidak terlalu ada masalah), di Kuala Lumpur saya memberanikan diri untuk berangkat dan pulang sendiri, sekalipun disana ketemu dengan teman juga, memberanikan diri untuk tidur di hostel sendiri juga (maksudnya tidak ada yang dikenal).
Pengalaman traveling saya memang masih bisa dibilang cetek, dan saya berharap bisa menambah daftar rute perjalanan saya baik diluar maupun dalam negeri (saya masih berambisi pengen bisa keluar pulau selain Bali), agar kekayaan akan pengalaman saya semakin bertambah.
Jadi inilah tujuan saya membuat blog ini, untuk membagi apa yang saya dapat saat traveling, apa yang teman-teman saya yang lain rasakan dalam perjalanan mereka masing-masing, hal-hal apa yang sekiranya diperlukan saat traveling, dan info-info lain yang bermaanfaat untuk menyiapkan rencana perjalanan.

Bepergian ke tempat diluar rutinitas kita pasti akan selalu memberikan energi positif buat hidup kita, selama kita selalu berusaha menikmati perjalanan itu sendiri ketimbang hanya berfokus pada tujuan-tujuannya saja.

Let's go travel, lets look around the world ! ^^

Lia (Penulis) : Traveling itu ya jalan-jalan.. dengan traveling kita bisa belajar
mengenal budaya daerah lain sekaligus belajar mandiri..

Ariy (Traveler, Travel Writter) : Traveling bagi saya adalah cara saya untuk kontemplasi . Dengan traveling, saya mampu mengukur kekuataan diri saya sendiri. Kalau saya tangguh, itulah saya. Kalau saya lembek, tidak bisa disangkal juga..
Erna (Newbie Traveler, Karyawan) :
Traveling itu jalan-jalan, liburan setelah disibukkan dengan bekerja.. Manfaatnya adalah menyemangati diri untuk kerja keras cari duit terus buat liburan, juga membuatku melek akan dunia sekitar, ternyata aku nggak hidup sendirian dan ada yang tingkahnya lebih konyol dari aku..

No comments:

Post a Comment