Wednesday, October 5, 2011

Traveling.. kemana?? Sama Siapa ??Mau Ngapain Aja ?? (2)



Setelah menentukan tujuan traveling, pertanyaan selanjutnya kita mau kesana sama siapa ?? Eh tapi pernah juga sih saya ngajak temen ke Bangkok, dia udah langsung nanya: 'Sama siapa aja perginya?' Yang kalau boleh saya artikan, kemana aja juga ayo, asal temen-temennya jelas,huehehhee.. Tapi kalau saya biasanya mikirin diri sendiri dulu, udah jelas pengen kemana baru mikir pergi kesana sama siapa. Seperti saat saya mau ke Singapore, saya cari temennya di forum backpacker, dan syukurnya nemu yang asyik-asyik plus satu teman kuliah juga ikutan. Itu pengalaman traveling ke Luar Negeri pertama, makanya saya nggak sok-sokan pergi sendiri.
Waktu merencanakan ke Bangkok ini, saya niat awal solo traveling sih, tapi saya tetap berusaha ngajak teman yang ternyata nggak ada yang nyantol juga.. ^^
Untuk yang pengen solo traveling, menurut saya perhatikan poin-poin berikut :
  • cari info sebanyak-banyaknya tentang tempat yang akan kamu datangi (browsing, baca buku, dll)
  • Tanya langsung dengan teman yang pernah traveling kesana (cari info dan tanya-tanya menurut saya nggak bisa dihilangkan salah satu, kita jangan cuma mengandalkan cerita teman tapi nggak tahu info ter update, atau cuma baca-baca tapi nggak dengar pengalaman langsung dari orang).
  • Pastikan di keseharian kamu termasuk orang yang tangguh ngadepin masalah (tiga tahun di Jakarta, saya udah ngalemin beberapa kali nyasar jalan, salah naek angkot, kecopetan, kemalingan, ketemu orang rese, dll). Kalau kamu tipe orang yang mudah panik, latihan dulu deh hidup mandiri baru belajar solo traveling. :)
  • Perhatikan kondisi fisik kamu dan bawa obat yang diperlukan. Inget, jangan sampai kita sakit tanpa ada orang yang kita kenal disana.
  • Benar-benar bawa bekal yang cukup (bukan pas-pasan), yang jumlahnya kita tahu dari hasil cari info dan tanya-tanya. Kalau disana kita kurang duit, mau minjem siapa coba ?
  • Selalu aware sama keamanan diri sendiri.. Berpakaian sewajarnya, bawa barang-barang yang tidak terlalu mencolok, dan tidak gampang percaya sama orang baru...
Nah, untuk kamu yang selalu harus punya temen saat traveling, ini saran dari saya:
  1. Cari temen baru di forum.. Kalau kamu termasuk orang yang cuek dan nggak rewel, apa salahnya cari temen baru dengan destinasi yang sama? Sekarang banyak kok forum untuk para pencinta traveling, misalnya forum backpacker Indonesia, Komunitas backpacker Indonesia, dan lain-lain. Nah tinggal ikuti cara maennya dan sortir deh mana yang bener-bener serius. Kalau kamau nggak mau pusing dengan temen baru,
  2. Ajak sahabat-sahabat yang kamu tahu pasti klop sama kamu. Yang ini sih gampang banget, temen-temen akrab yang kita udah tahu plus minus nya. Tapi jangan salah, sahabat bisa juga berpotensi menimbulkan masalah/konflik kalau misalnya kita nggak merhatiin poin selanjutnya :
  3. Samakan ‘tujuan’ traveling. Bukan Cuma masalah mau kemana, tapi ngapain aja ? Kalau kamu nggak terlalu doyan shopping tapi temenmu gila belanja, then make a deal: misalnya kasi alokasi waktu belanja dua jam setelah itu pergi. Atau selagi dia belanja, kamu ke tempat lain. Kesepakatan-kesepakatan yang tampaknya remeh gini harus jelas diawal lho, kalau nggak mau berantem atau jadi nggak enakan. Ya syukur-syukur deh kalau kamu dan sahabat bener-bener punya ketertarikan yang sama. Nah hal ngapain aja ini juga berkaitan erat dengan :
  4. Kesamaan budget >> Yap, betul, uang itu riskan juga memicu masalah. Yah bukan masalah saya perhitungan sih. Kalau minjem 1-2 dolar atau beberapa puluh ribu rupiah dan saya ada sih nggak apa aja. Tapi kalau ditengah jalan temen ribut pinjem duit banyak, kan nyusahin juga. Makanya dari awal susun bareng-bareng itinerary lengkap dengan budgetnya. Jadi masing-masing tahu harus bawa uang minimal berapa..
  5. Sepakati kebiasaan-kebiasaan atau hal-hal yang sekiranya mengganggu keasikan traveling.. Ehm! Ini sih nggak gimana-gimana banget ya, tapi berdasar pengalaman aja pergi bareng temen yang punya pacar. Pas jalan-jalan disana, dia sering banget telpon atau sms sama pacarnya. Duh bukan, bukannya saya sirik atau mupeng, tapi ada kalanya itu mengganggu.. Misal saat di kerumunan orang di stasiun MRT, si teman sibuk absen lewat sms dan telpon sama pacar dan saya harus aware dengan keberadaan dia, pas pulsa habis dia sibuk cari pulsa dan saya nemenin (bukan saya nggak ikhlas, tapi kita sampai mendatangi beberapa toko gitu karena susah dapetnya), terus pas di dorm dia telponan dengan suara kenceng… Atau mungkin ada bad habit lain yang harus kita tegesin sebelum traveling bareng, misal: si temen suka buang sampah atau ngerokok sembarangan, suka marah-marah sama orang asing, dan lain-lain. Nah kita nggak mau juga toh jadi polisi buat dia? Emang kita nggak mau enjoy juga?? Hehee..
Tapi mau traveling sendiri, rame-rame, tetep jangan lupa selalu berdoa minta perlindungan dan kelancaran dari Tuhan yang Maha Hadir ya.. Happy Travel, Traveler ^^

No comments:

Post a Comment