Wednesday, October 5, 2011

Traveling.. Kemana ? Sama Siapa ?? Mau Ngapain Aja ?? (1)


Pingin jalan-jalan, tapi bingung menentukan destinasi? Sebenernya kalau menentukan tujuan traveling, apa aja sih yang perlu diperhatikan? Ada yang cuma mau jalan-jalan ke tempat yang 'wah', ada yang jalan-jalan sesuai hobi (suka lihat arsitektur bangunan klasik, suka climbing, diving, shopping, dll). Kamu termasuk yang mana ? Kalau saya pribadi bukan termasuk orang yang rewel dalam menentukan destinasi jalan-jalan. Selalu cuma ada dua hal yang jadi pertimbangan saya: budget dan ada apa disana ? Karena saya yakin pada dasarnya setiap tempat diluar tempat tinggal kita pasti mempunyai keunikan dan obyek-obyek yang menarik sendiri. Tapi setidaknya ada beberapa poin yang menurut saya penting untuk menentukan tujuan traveling :
  1. Punya budget berapa ? >> Sekarang sih sudah banyak ya buku panduan traveling yang budget friendly, kita tinggal menyesuaikan dengan kantong kita. Misalnya, dengan duit sekitar dua sampai tiga juta rupiah, sudah bisa tuh kita jalan-jalan ke negara tetangga, misal: Malaysia, Singapore, atau kalau dalam negeri sudah bisa lah ke Bali, Medan, atau Bangka Belitung (sudah termasuk tiket pesawat dan akomodasi). Tapi persoalan budget ini berkaitan erat dengan poin selanjutnya :
  2. Punya waktu berapa lama ?? >> Ini nih biasanya buat pekerja kantoran yang agak susah menentukan waktu cuti, seperti saya. Selama ini waktu traveling saya masih tergolong pendek: tiga hari dan dua malam. Nah kalau kita cuma punya waktu jalan-jalan nggak lebih dari empat hari, mending jangan maksain deh pergi ke tempat-tempat yang membutuhkan long flight hours. Misalnya, saya pernah dapet info traveling murah ke Raja Ampat dengan durasi waktu tiga hari dan dua malam. Setelah memperhitungkan lama penerbangan pulang dan pergi, ternyata praktis saya cuma punya waktu satu hari bersenang-senang di Raja Ampat. Yah, capek di jalan lah. Setidaknya untuk flight yang membutuhkan waktu enam jam-an sekali jalan, berikan alokasi waktu traveling satu minggu minimal, jadi kan kita bisa puas jalan-jalan disana sekitar lima sampai enam harian (perhitungkan juga kemungkinan transit dan delay, juga beri jeda untuk istirahat kita setelah terbang). Intinya, jangan maksain pergi ke tempat yang jauh hanya untuk menambah track record kita, tapi kita nggak punya waktu cukup untuk menjelajah disana..
  3. Special interest >> Kamu punya ketertarikan khusus nggak yang pengen kamu dapetin pas traveling? Mungkin kamu sudah bosan dengan suasana perkotaan dan pengen wisata alam, di Indonesia mah banyak banget pilihannya. Atau pengen tahu kayak apa sih dunia di luar Indonesia? Ketemu penduduk-penduduk lain dengan bahasa dan budaya berbeda? Tinggal pilih negara dengan budaya kayak apa yang kamu mau. Yang penting kamu sudah tahu apa yang bakal kamu lakukan dan lihat selama disana. Inilah gunanya mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat-tempat diluar tempat tinggal kita, jadi misalnya ada info tentang tiket murah ke tempat-tempat tertentu, kita bisa tinggal pilih deh tanpa bertanya-tanya ada apa saja disana. Misalnya saat saya memutuskan beli tiket promo ke Bangkok, karena saya banyak baca Bangkok adalah must visit nya para backpacker, kota nya para backpacker gitu. Disana juga banyak spot-spot wisata menarik seperti candi, pasar, museum, konservasi budaya, dll. Ada yang punya hobi fotografi, jadi fokusnya mencari tempat yang banyak spot bangunan berarsitektur unik, dll.
  4. Perhatikan kota-kota dan negara-negara dengan kondisi tertentu >> Maksudnya, kita jangan maksain pergi ke suatu tempat yang kita tahu banyak hal yang bertentangan dengan kita. Misal, kita tertarik pergi ke negara A karena disana pemandangannya dahsyat banget, tapi setelah kita browsing ternyata negara itu sedang ada masalah keamanan, atau penduduknya jelas-jelas nggak ramah dengan pendatang. Terkecuali kita punya temen yang bisa diandalkan sih, mending nggak usah sok cuek pergi kesana. Menurut saya, traveling not only about the adventure, yet it also about how we can enjoying the journey it self.
  5. Pergi ke tempat dengan karakteristik yang berbeda dengan yang pernah kita datangi >> Ya, ini juga yang sedang saya belajar terapkan. Selama ini saya masih mengandalkan mood dan promo tiket pesawat untuk ber traveling, tapi pengennya setelah ini saya bisa merencanakan traveling dengan matang ke tempat-tempat yang punya karakteristik berbeda. Singapura, Kuala Lumpur, dan setelah ini Bangkok. Saya rasa cukuplah mencicipi ASEAN untuk sementara ini.. pengennya setelah itu saya bisa ke negara diluar ASEAN, atau bahkan ke luar Asia. Atau kalau Indonesia, saya pengen banget bisa jalan-jalan ke setiap pulau-pulau besar, ke kota-kota yang berbeda karakteristiknya.. Se suka suka nya kita terhadap satu tempat, kalau bisa perginya jangan kesitu-situ mulu deh, atau cuma tetangga nya. Dunia ini masih terlalu luas, teman ! Mending sabar nabung sedikit lebih lama, jadi kekayaan pengalaman traveling kita pun bertambah.. ^^

1 comment: