Monday, October 3, 2011

From Solo to China



He’s my bestfriend, he’s my traveling mentor.. Kenal dengan mas Ariyanto tahun 2010, in my first abroad traveling to Singapore, dialah orang yang berbaik hati mau direpoti oleh para newbie traveler termasuk saya. Dia seorang travel writer, seorang penikmat jalan-jalan, dan dengan senang hati dia selalu mau berbagi pengalamannya mengenai traveling, termasuk pas saya ‘nodong’ dia buat tanya-tanya soal traveling dan profesi travel writer. Mau tahu ?? J

Me : Halo Mas Ari, thx ya dah dibolehin Tanya-tanya J Jadi sejak kapan nih mas Ariy mulai traveling ? Pertama kali kemana ?

Ariy : Traveling dalam negeri sih sekitar Jawa aja. Banyakan tanpa itinerary jelas. Misalnya ke Cirebon tanpa tujuan jelas. Touring Solo-Yogyakarta – pesisir selatan Jawa hingga Pacitan pas baru beli motor baru. Lanjut kerja di media sering disuruh liputan ke luar, nggembel sudah di mulai, yaitu di Bali dua minggu. Traveling ke luar negeri pertama kali tahun 2009, Singapore – Malaysia – Thailand – Myanmar.

Me :Traveling nya udah kemana aja ? boleh diceritain gak, traveling yg paling berkesan pas kemana ?

Ariy : Saya termasuk jam terbang belum banyak. Tapi akan melengkapi terus. Indonesia saja baru Jawa Bali Sumatra doang. Negara baru lima, Singapore-Malaysia-Thailand-Myanmar-China. Parahnya, saya ke Singapore lebih sudah 4 kali, padahal tidak suka dengan negara ini. Cuma karena ada kerjaan part time ya gimana lagi. Paling berkesan? Di Medan, pas di Bukit Lawang, travelmate saya terlempar keluar dari angkot yang berjalan. Duh, Medan itu jadi petualangan banget.

Me : Mau bahas soal dua buku mas Ariy ya, yg China dan Jogja-Solo. China dulu nih, proses pengerjaannya berapa lama ? Bisa diceritain ?

Ariy : Saya itu modelnya kalo udah nulis, pasti gak bisa distop. Nunggu mood nyantol aja, sekali dapet, langsung cepet. Rata-rata sebulan udah kelar penulisannya. Jadi pernah, nulis China itu sebulanan, lalu file hilang, dan saya kembali ngetik dari awal dan hanya butuh seminggu doang untuk buku setebal lebih dari 150 halaman. Semua prosesnya standar aja: jalan dulu-ngetik-ngumpulin foto+caption – bikin map – kirim deh ke editor.

Me : Dari yg aku baca di buku mas Ariy tg keliling China Selatan, kayaknya ada dua hal yg bikin ‘males’ kesana: jorok dan kendala bahasa. Bisa diceritain ?

Ariy : China memang begitu. Tapi saya menikmati kok. Kalau soal kejorokan, memang ya harus membiasakan diri. Dan soal bahasa Inggris, jadi jumlah penduduk China itu merupakan penyumbang terbesar jumlah orang yang belajar bahasa Inggris di dunia, tapi tetap saja payah. Pada akhirnya, apapun itu, saya justru dapat oleh-oleh cerita dari hasil perjalanan di China ini J.

Me : Dari banyak tempat yg diceritain di buku traveling China, bisa pilih 3 deh yg paling mas Ari rekomenin sebagai MUST VISIT ?

Ariy : (1) Dali Old Town – kota kuno yang keren banget kayak negeri dongeng. (2) Guilin yg udah kayak planet lain aja (3) Kunming – kota musim semi abadi J

Me : Apa sih yg unik dari penduduk China? Mereka cukup aware gak sih sama pendatang ?

Ariy : Kalo bicara kayak lagi berantem hehehehehe. Mereka cukup aware kok. Mostly, helpful.

Me : Nah soal buku Jogja-Solo nih, ini kan ‘area jajahan’ mas Ariy sendiri. Berarti gampang dong nulisnya ? Bisa diceritain juga prosesnya ?

Ariy : Saya hanya perlu update info aja kalo ini. Karena hampir semua sudah saya jelajahi. Tetapi memang kemudian tetap harus jalan lagi untuk mendapat info terkini. Solo dan Jogja sudah seperti kampung halaman saya.

Me : Apa sih yg menurutmu paling bikin traveler (terutama dari Luar Negeri) bakal betah banget di Jogja & Solo ?

Ariy : Kalau Jogja sudah sangat ramai ya…banyak yang menggeser ke Solo untuk stay, katanya lebih relaxing. Tapi soal tujuan wisata, memang Jogja lebih komplet. Umumnya mereka pengen Borobudur dan Prambanan.

Me : Dari banyak budaya yg bagus di Jogja&Solo, mana yg menurutmu paling ‘menjual’ ?

Ariy : Mereka selalu menyebut gamelan (karawitan) dan wayang kulit.

Me : Rekomendasiin kuliner untuk Jogja&Solo, masing-masing 3 yg paling HARUS dicoba ya.. J

Ariy : Yogya : saya suka oseng-oseng mercon yang super pedas (tapi saya gak bisa menghabiskan heheh), gudeg Pawon Jogja, ada satu lagi gudeg di daerah Bulaksumur, lupa namanya. Thengkleng Solo, Timlo Solo, Serabi Notosuman.

Me : Nah soal profesi travel writer, Kapan & kenapa memutuskan jadi travel writer, setelah sebelumnya sempat jadi jurnalis dan penyiar radio ?

Ariy : Saya suka aspek fun-nya di Radio dan suka musiknya juga. Saat siaran, playlist saya suka nakal, gak sesuai rundown. It was so much fun. Kemudian banting setir ke jurnalistik. Well, jurnalistik mengajari saya bagaimana menulis sebuah laporan yang asyik, collecting data (detail), dan mengajari saya bagaimana menulis yang bisa mewakili semua (obyektif, setidaknya mendekati). Saat harus menjadi jurnalis, saya harus melepas radio. Tapi 6 tahun di jurnalistik, saya pikir ini sudah semakin kotor saja. Too much politics dan saya mulai tidak menikmatinya. Lalu cabut, balik lagi seneng-seneng di radio for fun selama setahun sambil banyak traveling. Saya pikir, travel writer adalah hal terideal yang saya dapat hingga sejauh ini. Saya menjadi diri saya sendiri, bekerja dan bermain sesuka saya. It’s fun for sure. Officially, saya jadi travel writter sejak tahun 2010, sejak buku pertama yg keliling China Selatan.

Me : Apa nih plus minus nya jadi travel writter ?

Ariy : (+) jalan2 terus, dapat royalti, dikenal orang (at least pembaca kita), kadang kalau beruntung bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. (-) gak ada pemasukan bulanan, gak ada THR, gak punya kantor, dan sialnya orang masih saja menyebut travel writer itu jobless. Doh !

Me :Pernah ngalemin ditanya-tanya sama pembaca sampe bikin sebel gak ? gimana tuh ngatasinnya ?

Ariy : Beberapa kali. Misalnya pertanyaan : “Mas di Amphawa (Thailand) ada toilet gak?” duh. Tapi kadang bisa jadi hiburan saja. Ngakak. Tipikal orang Indonesia, meski mereka beli guide book sekalipun, mereka akan masih bertanya hal-hal yang sudah ditulis di sana. Mereka hanya butuh menguatkan nyali dan merasa yakin saja. J

Me : Any tips for anyone who wants to be a travel writter ?

Ariy : Ini bukan kerja instant. Butuh nyali untuk out of the box, pantang nyerah, dan iya akan banyak waktu untuk “berdarah-darah” sebelum benar2 mencapai tujuan akhir yang diinginkan: travel writer.

Me : Menurutmu, kriteria traveling book yg bagus itu harus mencakup apa aja ?

Ariy : Saya menemukan satu dua travel writer menganggap satu genre lebih baik dari genre lain, bahwa buku perjalanan itu harus begini atau begitu. Bagi saya bagus tidak itu urusan pembaca. Guide book atau travelogue memiliki kepentingan masing-masing, kemanfaatan masing-masing. Pembaca yang akan menilai bagus atau tidak. Penulis gak berhak menilai. Saya yakin, semua genre ini justru akan memberikan banyak pilihan dan membuat orang semakin “kaya”.

Me : Terakhir, kalau dikasi kesempatan untuk jalan-jalan sekaligus dibukukan lagi, mau kemana nih (pilih 1 di Luar Negeri, 1 domestik ya) ?

Ariy : Kalau Luar Negeri, saya pengen banget ke negara-negara Eropa Timur. Kalau dalam negeri, saya pengen banget ke Mentawai


Itu dia cerita-cerita dari mas Ariy tentang traveling dan profesinya. If you want to ask him more, he's available on twitter, follow him or check out his timeline at : @ariysoc

No comments:

Post a Comment