Wednesday, October 5, 2011

Erna the Newbie Traveler.. ^^

Nah, cerita sahabat berikutnya adalah dari Erna, kawan satu kelas waktu kelas 3 SMU di Surabaya. Lama nggak bersua, kami ber reuni kembali lewat media sosial Twitter. Dari situ aku menemukan ternyata dia punya hobi yang sama denganku: Traveling. Erna yang kini bekerja di sebuah lembaga bahasa asing cukup terkenal ini, mempunyai hasrat yang cukup tinggi untuk menjelajah dunia -kan kubilang, sama sepertiku-.. dan ini adalah ceritanya saat ia menjelajah ke 3 negara di Asean: Thailand, Malaysia, dan Singapura, lengkap juga dengan hal-hal lain yang ia persiapkan sebelum melakukan perjalanan ke tempat-tempat tersebut :


Me : Jadi, bisa diceritakan na, pengalaman traveling pertama mu dan persiapannya ?

Erna : Ke luar negeri pertama kali itu pas ke Bangkok tahun 2009 dalam rangka liburan kantor. Karena pertama kali jadilah kudu ngurus paspor dulu. Liburan ma kantor itu bln September. Aku ma temen2 dikasih tau mo liburan di awal bln Agustus. Mepet yak cuma sebulan kurang (karena waktu itu pas Ramadhan, mo libur Lebaran). Meski mepet, dgn berbekal info dari berbagai sumber yang bilang proses pengurusan paspor itu cuma seminggu, walhasil memutuskan ngurus sendiri, gak pake calo.

Tips utk menghindari keribetan ngurus paspor sendiri adalah:
1. Semua dokumen pendukung kudu lengkap

2. Menyiapkan uang pas sesuai biaya (menghindari omelan petugas klo dia nggak ada uang kembalian)

3. Sampe di kantor imigrasi lebih awal atau pas mereka baru buka (kalo perlu sebelum mereka buka) sehingga kita bisa jd orang yang dapat pelayanan pertama dan tidak perlu terjebak di antrian yang membuat mood jelek serta membuat semakin telat ngantor.

4. Jangan malas dan berujung pada bantuan calo. Nggak seru dan keluar duit lebih pula. Ngurus paspor itu bagian dari adventure perjalanan wisatamu. :)

Back to the trip story. Karena pergi ke Bangkok sama kantor, jadi smua diurusin, mulai dari tiket pesawat, penginapan, akomodasi, sampai itinerary selama di sana. Beberapa tempat yang sempat disinggahi adalah: Suan Lum Market, Lumpini Park, Grand Palace, Wat Arun, Chatuchak Market, Pat Pong, Sleeping Budha, dll

Yang paling berkesan selama trip Bangkok ini adalah:

1. Baru tau namanya hostel .Nginap di Lub'D hostel. Wuih aman, modern dan bersih dan ramah dan seru banget nginap disini.

2. Grand Palace yang bagus banget. Meski panas, tapi aku paling suka sama tempat wisata yang ini. Siap2 bawa kacamata biar bisa liat tanpa kesilauan.